SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas /Semester : XI / 1
Kompetensi Inti
KI. 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI. 3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI. 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas
|
Analisis vektor untuk, gerak parabola dan gerak melingkar
· Posisi, kecepatan, dan percepatan gerak dua dimensi (gerak lurus dan gerak parabola)
· Posisi, kecepatan, dan percepatan gerak melingkar
|
Mengamati
Simulasi ilustrasi gerak dua dimensi (gerak lurus dan gerak parabola) dan gerak melingkar
Menanya
· Mendiskusikan vektor posisi, kecepatan dan percepatan gerak dua dimensi (gerak lurus dan gerak parabola)
· Mendiskusikan hubungan posisi, kecepatan, dan percepatan gerak parabola
· Mendiskusikan hubungan posisi sudut, kecepatan, dan percepatan gerak melingkar
Asosiasi
· Mendiskusikan hubungan antara jarak tempuh dengan sudut tempuh, kecepatan linier dengan kecepatan sudut, dan percepatan linier dengan percepatan sudut pada gerak rotasi
· Memprediksi posisi dan kecepatan pada titik tertentu berdasarkan pengolahan data percobaan gerak parabola
· Mendiskusikan pemecahan masalah gerak melingkar pada pengamatan kehidupan sehari-hari secara berkelompok
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil kegiatan diskusi kelompok tentang pemecahan masalah gerak melingkar
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang posisi, perpindahan partikel pada gerak parabola dan gerak melingkar
Portopolio
Bahan presentasi
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Tes
Tertulis uraian tentang dan atau pilihan ganda tetntang gerak dua parabola dan gerak rotasi
|
12JP
(3 x 4 JP)
|
Sumber
· FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
| |||||
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
| |||||
3.1 Menganalisis gerak parabola dan gerak melingkar dengan menggunakan vektor
| |||||
4.1 Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan gerak parabola dan gerak melingkar
| |||||
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
|
Hukum Newton tentang Gravitasi
· gaya gravitasi antar partikel
· kuat medan gravitasi dan percepatan gravitasi
· hukum Kepler
|
Mengamati
Mencari informasi tentang kesimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet melalui berbagai sumber.
Menanya
· Mendiksusikan konsep gaya gravitasi dan kuat medan gravitasi
· Mendiskusikan hukum Kepler berdasarkan hukum Newton tentang gravitasi
Eksperimen/Eksplorasi
· Membuat perbandingan pemahaman tentang gerak Bumi dan Matahari dalam tatasurya
· Eksplorasi data dan informasi tentang satelit geostasioner (kegunaan, kemanpuan, kedudukan, dan kecepatan geraknya) melalui berbagai sumber secara berkelompok
Asosiasi
Membuat ulasan tentang hubungan antara kedudukan, kemampuan, dan kecepatan gerak satelit berdasarkan data dan informasi hasil eksplorasi dengan menerapkan hukum Kepler
Mengkomunikasikan
Presentasi kelompok tentang data kegunaan, kemampuan, ketinggian, dan kecepatan satelit geostasioner
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang konsep gerak, gaya dan keseimbangan yang terjadi pada sistem tatasurya dan gerak planet
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Bahan presentasi
Tes
Tertulis uraian dan atau pilihan ganda tentang gaya gravitasi, kuat medan gravitasi, dan percepatan gravitasi
|
8 JP
(2 x 4 JP)
|
Sumber
· FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
· e-dukasi.net
|
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas
| |||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
| |||||
3.2 Mengevaluasi pemikiran dirinya terhadap keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
| |||||
4.3 Menyajikan data dan informasi tentang satelit buatan yang mengorbit bumi dan permasalahan yang ditimbulkannya
| |||||
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
|
Usaha dan energi
· Energi kinetik dan energi potensial (gravitasi dan pegas)
· Konsep usaha
· Hubungan usaha dan energi kinetik
· Hubungan usaha dengan energi potensial
· Hukum kekekalan energi mekanik
|
Mengamati
Peragaan atau simulasi usaha positif, usaha negatif dan usaha nol
Menanya
· Diskusi tentang energi kinetik dan energi potensial (energi potensial gravitasi dan pegas)
· Diskusi hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik dan energi potensial
· Diskusi merumuskan bentuk hukum kekekalan energi mekanik
Eksperimen/Ekplorasi
Eksplorasi penerapan hukum kekekalan energi mekanik pada gerak parabola, gerak pada bidang lingkaran, dan gerak satelit/planet dalam taa surya
Asosiasi
Mengelompokan bentuk hukum kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak (gerak parabola, gerak pada bidang lingkaran, dan gerak satelit/planet dalam taa surya
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil diskusi kelompok
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang usaha, energi kineti, energi potensial dan hukum kekekalan energi mekanik
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Resume hasil diskusi
Tes
Tertulis uraian dan atau pilihan ganda tentang hubungan usaha dengan perubahan energi dan hukum kekekalan energi mekanik
|
16 JP
(4 x 4 JP)
|
Sumber
· FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
|
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas
| |||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
| |||||
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
| |||||
3.3 Menganalisis konsep energi, usaha, hubungan usaha dan perubahan energi, dan hukum kekekalan energi untuk menyelesaikan permasalahan gerak dalam kejadian sehari-hari
| |||||
4.3 Memecahkan masalah dengan menggunakan metode ilmiah terkait dengan konsep gaya, dan kekekalan energi
| |||||
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
|
Getaran Harmonis
· Karakteristik getaran harmonis (simpangan, kecepatan, percepatan, dan gaya pemulih) pada ayunan bandul dan getaran pegas
· Persamaan simpangan, kecepatan, dan percepatan
|
Mengamati
Peragaan atau simulasi getaran harmonik sederhana pada ayunan bandul atau getaran pegas,
Menanya
· Diskusi kelas tentang karakteristik gejala getaran (kecepatan, simpangan, dan frekuensi)
· Diskusi persamaan simpangan, kecepatan, dan percepatan getaran
· Disksui gaya pemulih pada ayunan bandul dan getaran pegas
Eksperimen/eksplorasi
Melakukan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas
Asosiasi
Mengolah data percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, dan menginterpretasi data dan grafik untuk menenukan karakteristik getaran harmonik pada ayunan bandul dan getaran pegas
Mengkomunikasikan
Laporan hasil eksperimen dan diskusi
|
Tugas
Menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan karakteristik getaran
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Laporan praktikum
Tes
Tertulis uraian dan atau pilihan ganda tentang persamaan simpangan, kecepatan dan percepatan getaran harmonis
|
12 JP
(3 x 4 JP)
|
Sumber
· FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· statif
· stopwatch
· beban gantung
· pegas atau karet
· mistar
|
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas
| |||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
| |||||
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
| |||||
3.4 Menganalisis hubungan antara gaya dan gerak getaran
| |||||
4.4 Merencanakan dan melaksanakan percobaan getaran harmonis pada ayunan bandul dan getaran pegas
| |||||
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
|
Momentum, impuls,
dan tumbukan
|
Mengamati
Mencari informasi tentang momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum serta tumbukan dari berbagai sumber belajar.
Guru memberi ilustrasi tentang tumbukan benda yang dihubungkan dengan konsep-konsep momentum, impuls dan hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari
Menanya
Mendiskusikan konsep momentum, impuls, hubungan antara impuls dan momentum serta hukum kekekalan momentum dalam diskusi kelas
Asosiasi
Menganalisis pemecahan masalah dan menarik kesimpulan tenatang tumbukan dengan menggunakan hukum kekekalan momentum
Ekperimen/eksplorasi
Merancang dan membuat roket sederhana dengan menerapkan hukum kekekalan momentum secara berkelompok
Mengkomunikasikan
Presentasi laporan membuat roket sederhana.
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang momentum, impuls dan hubungan antara impuls dan momentum serta tentang hukum kekekalan momentum
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Hasil karya dan
Laporan
eksperimen membuat roket sederhana
Tes
Tertulis uraian dan atau pilihan ganda tentang impuls dan hukum kekekalan momentum
|
16 JP
(4 x 4 JP)
|
Sumber
· FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· botol plastik
· pompa dan pentil sepeda
· pipa dan lem PVC
|
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas
| |||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
| |||||
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
| |||||
3.5 Mendeskripsikan momentum dan impuls, hukum kekekalan momentum, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
| |||||
4.5 Memodifikasi roket sederhana dengan menerapkan hukum kekekalan momentum
| |||||
SILABUS MATA PELAJARAN: FISIKA
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas /Semester : XI / 2
Kompetensi Inti*
KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
|
Keseimbangan dan dinamika Rotasi
· Torsi
· Momen inersia
· Keseimbangan benda tegar
· Titik berat
· Hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
|
Mengamati
Demonstrasi dengan mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda beda untuk mendefinisikan momen gaya.
Menanya
· Diskusi kelas untuk merumuskan dan menerapkan keseimbangan benda titik dan benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya
· Diskusi kelas merumuskan dan menerapkan konsep momen inersia dan dinamika rotasi dalam diskusi pemecahan masalah
· Diskusi merumuskan dan menerapkan hukum kekekalan momentum pada gerak rotasi
Eksperimen
Melakukan percobaan titik berat benda homogen dan keseimbangan benda tegar secara berkelompok di kelas/ Laboratorium
Asosiasi
Mengolah data percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, dan menginterpretasi data dan grafik untuk menenukan karakteristik keseimbangan benda tegar
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan hasil eksperimen
|
Tugas
Menyelesaikan masalah tentang momen gaya, momen inersia , keseimbangan benda tegar dan titik berat benda
Observasi
Checklist lembar pengamatan kegiatan diskusi kelompok
Portopolio
Laporan praktikum
Tes
Tertulis uraian dan atau pilihan ganda tentang resultan torsi, momen inersia, titik berat, dan hukum kekekalan momentum sudut
|
16 JP
(4 x 4 JP
|
Sumber
· FISIKA SMA Jilid2, Pusat Perbukuan
· Panduan Praktikum Fisika SMA, Erlangga
· e-dukasi.net
Alat
· statif dan klem
· beban gantung
· kertas karton
· busur derajat
· mistar
· penggaris berlubang
· neraca pegas
· neraca lengan
|
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas
| |||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
| |||||
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
| |||||
3.6 Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari
| |||||
4.6 Merencanakan dan melaksanakan percobaan titik berat dan keseimbangan benda tegar
| |||||
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
Fluida Dinamik
· Fluida ideal
· Azas kontinuitas
· Azas Bernouli
· Penerapan Azas Kontinuitas dan Bernouli dalam Kehidupan
|
Mengamati
Mencari informasi tentang azas kontinuitas dan azas Bernouli serta aplikasi dalam kehidupan melalui berbagai sumber.
Menanya
Diskusi kelompok tentang kaitan antara kecepatan aliran dengan luas penampang menurut azas Kontinuitas, serta hubungan antara kecepatan aliran dengan tekanan fluida menurut Azas bernoulli
Mengeksplorasi/Eksperimen
· Merancang dan membuat tiruan aplikasi Azas Bernoulli (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat) secara brkelompok
· Eksplorasi pemecahan masalah terkait penerapan azas kontinuitas dan azas Bernouli
Mengkomunikasikan
Wakil masing-masing kelompok mempresentasikan hasil produk tiruan aplikasi Azas Bernoulli (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat)
|
Tugas
Menyelesaikan masalah fluida dengan menerapkan azas kontinuitas dan azas Bernouli
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda asas kontinuitas dan asas Bernoulli
|
12 JP
(3 x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
|
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas
| |||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
| |||||
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
| |||||
3.7 Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi
| |||||
4.7 Memodifikasi ide/gagasan proyek sederhana yang menerapkan prinsip dinamika fluida
| |||||
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
Persamaan keadaan gas
· Hukum Boyle-Gay Lussac
· Persamaan keadaan gas
2. Teori kinetik gas
· Tinjauan impuls-tumbukan untuk teori kinetik gas
· Teori ekipartisi energi dan energi dalam
|
Mengamati
Mencari informasi tentang hukum Boyle-gay Lusac tentang gas dan Persamaan keadaan gas melalui berbagai sumber
Menanya
· Diskusi tentang hubungan antar suhu, volume , dan tekanan gas dalam ruang tertutup.
· Diskusi kelompok bentuk persamaan keadaan gas kaitannya dengan rumusan Boyle-Gay Lusac
Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi menerapkan persmaan keadaan gas dan hukum Boyle dalam pemecahan masalah gas dalam ruang tertutup
Mengkomunikasikan
Presentasi kelompok hasil ekplorasi menerapkan persmaan keadaan gas dan hukum Boyle dalam pemecahan masalah gas dalam ruang tertutup
Mengamati
Mencari informasi tentang karakteristik gas dan gas ideal melalui berbagai sumber untuk menyadari kebesaran Allah dan mensyukuri nikmatNya
Menanya
· Tanya jawab hubungan antara impuls dengan gaya dan tekanan
· Diskusi kelas gerakan partikel gas menumbuk dinding menyebabkan tekanan gas
· Diskusi kelompok hubungan antara suhu dengan energi kinetik dan tekanan gas
Mengeksplorasi/eksperimen
· Eksplorasi simulasi gerakan partikel gas dalam ruang tertutup
· Eksplorasi teori ekipartisi energi tentang keadaan gas diatomik pada berbagai suhu
Mengasosiasi
Membuat ilustrasi hubungan tekanan, suhu dan volume, serta ilustrasi penjelasan teori ekipartisi energi pada suhu rendah,sedang, dan tinggi
Mengkomunikasikan
Presentasi hasil kerja kelompok
|
Tugas
Menerapkan teori kinetik gas dalam pemecahan masalah
Observasi
Ceklis pengamatan pada saat diskusi kelas dan presentasi
Portfolio
Bahan presentasi kelompok
Tes
Tes tertu;is uraian dan/atau pilihan ganda tentang persamaan keadaan dan teori kinetik gas
|
16 JP
(4 x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
|
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas
| |||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
| |||||
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
| |||||
3.8 Memahami teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas pada ruang tertutup
| |||||
1.3 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
Gejala pemanasan global
· Efek rumah kaca
· Emisi karbon dan perubahan iklim
Dampak pemanasan global, antara lain
· Mencairnya es
· perubahan iklim
Alternatif solusi
· efisiensi penggunaan energi
· pencarian sumber-sumber energi alternatif seperti energi nuklir
· dll
Hasil kesepakatan dunia internasional
· Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC)
· Kyoto Protocol
· Asia-Pacific Partnership on Clean Development and Climate (APPCDC)
· dll
|
Mangamati
Mencari informasi tentang fenomena pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan dan lingkungan
Menanya
Diskusi kelompok mengidentifikasi fenomena pemanasan global, penyebabnya, serta dampaknya bagi kehidupan
Diskusi pemecahan masalah untuk mengurangi dampak efek rumah kaca, emisi karbon, dan lain-lain
Eksperimen/Eksplorasi
Mengidentifikasi hasil-hasil kesepakatan global IPCC, Protokol Kyoto, APPCDC, dan lain-lain melalui berbagai sumber secara berkelompok
Asosiasi
Membuat usulan pemecahan masalah pemenasan global berdasarkan klasifikasi dan penyebabnya secara berkelompok
Mengomunikasikan
Presentasi hasil kerja kelompok
|
Tugas
Membuat makalah tentang pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan
Observasi
Ceklis pengamatan pada saat diskusi kelas dan presentasi
Portfolio
Bahan presentasi kelompok
|
4 JP
(1 x 4 JP)
|
Sumber
· Fisika SMA Jilid 2, Puskurbuk
· Sumber dari internet
|
1.4 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik gerak pada benda titik dan benda tegar, fenomena fluida, dan fenomena gas
| |||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
| |||||
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
| |||||
3.9 Menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan dan lingkungan
| |||||
4.8 Menyajikan ide/gagasan pemecahan masalah gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan dan lingkungan
| |||||
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
Karakteristik gelombang
· Pemantulan
· Pembiasan
· Difraksi
· Interferensi
|
Mengamati
· Mencari informasi karateristik gelombang (pemantulan, pembiasaan, difraksi, interferensi, dan polarisasi) melalui berbagai sumber
· Peragaan gejala gelombang (pemantulan, pembiasan, difraksi dan interferensi) dengan menggunakan tanki riak
Menanya
· Diskusi kelompok gelombang transversal-longitudinal dan contohnya
· Diskusi kelas hukum pemantulan, pembiasan, difraksi, dan interferensi
Mengeksplorasi/Eksperimen
Eksplorasi penerapan gejala pemantulan,pembiasan, difraksi dan interferensi dalam kehidupan dan teknologi
Mengkomunikasikan
Presentasi kelompok hasil eksplorasi
|
Tugas
Membuat paper karakteristik gelombang (pemantulan, pembiasaan, difraksi, interferensi, dan polarisasi)
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan presentasi kelompok
Portofolio
Laporan trtulis karakteristik gelombang
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda tentang sifat pemantulan, pembiasan, interferensi dan difraksi gelombang
|
8 JP
(2 x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
|
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan
| |||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
| |||||
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
| |||||
3.10 Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
| |||||
4.9 Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
| |||||
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
Persamaan gelombang berjalan dan gelombang tegak
|
Mengamati
· Peragaan gelombang berjalan menggunakan slinki
· Demonstrasi gelombang tegak pada percobaan Melde
Menanya
· Diksui kelompok pengukuran panjang gelombang pada gelombang berjalan dan gelombang tegak
· Diskusi kelas persamaan gelombang berjalan dan gelombang tegak
Mengeksplorasi/Eksperimen
Praktik percobaan Melde untuk menemukan hubungan cepat rambat gelombang dan tegangan tali secara berkelompok
Mengasosiasi
Mengolah data hasil praktikum percobaan Melde untuk menemukan hubungan cepat rambat gelombang dan tegangan tali
Mengkomunikasikan
Membuat laporan tertulis hasil praktikum
|
Tugas
Menerapkan persamaan gelombang berjalan dan gelombang tegak dalam pemecahan masalah
Observasi
Ceklis pengamatan pada saat praktik berkelompok
Portfolio
Laporan tertulis hasil praktik
Tes
Tes tertu;is uraian dan/atau pilihan ganda
|
8 JP
(2 x 4 JP)
|
· Tri Widodo, FISIKA SMA, Pusat Perbukuan Depdiknas
· Nursyamsudin, Panduan Praktikum Terpilih, Erlangga
Alat
· Vibrator
· Katrol
· Beban gantung
|
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur karakteristik benda titik dan benda tegar, fluida, gas, dan gejala gelombang
| |||||
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
| |||||
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
| |||||
3.11 Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang tegak dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata
| |||||
4.10Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !