Headlines News :
Home » » Gerak Lurus Berubah Beraturan

Gerak Lurus Berubah Beraturan

Written By Unknown on Rabu, 31 Desember 2014 | 06.13


Gerak Lurus Berubah Beraturan – Suatu benda yang kecepatannya dinaikkan atau diturunkan secara beraturan terhadap waktu dan lintasannya berupa garis lurus, maka benda tersebut telah melakukan gerak lurus berubah beraturan. GLBB adalah gerak suatu benda pada lintasan garis lurus yang percepatannya tetap. Percepatan tetap menunjukkan bahwa besar dan arahnya sama.

Pada Kegiatan yang pernah dilakukan di materi SMP kelas 7 tentang GLBB  kita peroleh diagram batang yang panjangnya selalu berubah meskipun sama-sama terdiri atas 10 ketikan. Pada grafik tersebut juga tampak bahwa tiap potongan yang diurutkan ke samping bertambah secara tetap. Hal ini menunjukkan mobil-mobilan yang menarik pewaktu ketik mengalami pertambahan kecepatan yang tetap. Sehingga dapat dikatakan mobil-mobilan tersebut mengalami gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut.
rumus glbb
Jika pada saat t1= 0 benda telah memiliki kecepatan vO dan pada saat t2 = t benda memiliki kecepatan t, maka persamaannya menjadi seperti berikut.
glbb
Ingat, benda yang bergerak dengan percepatan tetap menunjukkan kecepatan benda tersebut bertambah secara beraturan. Oleh karena itu, jika diketahui kecepatan awal dan kecepatan akhir, maka kecepatan rata-rata benda sama dengan separuh dari jumlah kecepatan awal dan kecepatan akhir.
gerak lurus berubah

rumus gerak lurus berubah
Apabila s merupakan perpindahan yang ditempuh benda dalam interval waktu (t), maka persamaan menjadi sebagai berikut.
rumus gerak lurus
Selanjutnya, untuk dapat menentukan kecepatan akhir sebuah benda yang mengalami percepatan tetap pada jarak tertentu dari kedudukan awal tanpa mempersoalkan selang waktunya, Anda dapat menghilangkan peubah t dengan mensubstitusikan persamaan t=v–v0/a
(diperoleh dari persamaan v= v0 + a . t) ke dalam persamaan s = v0 . t +1/2  a . t2
rumus jarak glbb
Grafik hubungan vdan tserta sdan tpada gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah sebgai berikut.

1. Grafik (v- t)

Berdasarkan persamaan vt = v0 + a· t, Anda dapat melukiskan grafik hubungan antara v dan t sebagai berikut.
Grafik v – t gerak lurus berubah beraturan
Pada grafik di atas menunjukkan bahwa perpindahan yang ditempuh benda (s) dalam waktu (t) sama dengan luas daerah di bawah grafik yang dibatasi oleh sumbu vdan t (daerah yang diarsir).
s = luas trapesium OABD
s = luas segi empat OACD+ luas segitiga ABC
s = (½ . at . t + v) t
s = v0 . t +1/2  a . t2

2. Grafik (s- t)

Berdasarkan persamaan s = v0 . t +1/2  a . t2  , dengan vdan a Anda anggap konstan,Anda dapat melukiskan grafik hubungan antara s dan t sebagai berikut.
Grafik s – tgerak lurus berubah beraturan

Grafik s – tgerak lurus berubah beraturan
Persamaan-persamaan GLBB yang telah Anda bahas di depan merupakan persamaan untuk gerakan dipercepatan beraturan. Untuk persamaan-persamaan GLBB yang diperlambat beraturan adalah sebagai berikut.
rumus glbb diperlambat

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kuliner

Musik

Dunia Islam

Wisata Aceh

Skripsi

Koloqium

KKN

 
Support : Andra Dan Tulang Belakang |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dara Ullya Ziandra - All Rights Reserved
Selamat Datang..... di Dara Ullya Blog, Semoga Bermamfaat !!!