Headlines News :
Home » » Sifat dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Sifat dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Written By Unknown on Rabu, 31 Desember 2014 | 06.59

Sifat dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik –Sekarang kita akan membahas Sifat dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik sebelumnya di pembahasan Fisika SMA Kelas 10 kita sudah membahas tentang Hipotesis Maxwell
Sebagaimana gelombang mekanik, gelombang elektromagnetik juga memiliki sifat yang kurang lebih hampir sama. Adapun sifat dari gelombang elektromagnetik, antara lain, dapat merambat di ruang hampa, merupakan gelombang transversal, mengalami pemantulan (refleksi), mengalami pembiasan( refraksi), mengalami interferensi, mengalami lenturan (difraksi), dan arah rambatannya tidak ditentukan oleh medan listrik maupun medan magnet. Cahaya, gelombang radio, sinar-X, dan sinar gamma adalah contoh dari gelombang elektromagnetik. Berbagai jenis gelombang elektromagnetik tersebut hanya berbeda dalam frekuensi dan panjang gelombangnya. Hubungan kecepatan perambatan gelombang, frekuensi, dan panjang gelombang dinyatakan sebagai berikut.
Sifat dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik
Perbedaan interval/jarak panjang gelombang dan frekuensi gelombang yang disusun dalam bentuk tabel panjang gelombang dan frekuensi secara berurutan disebut spektrum gelombang elektromagnetik. Gelombang radio memiliki frekuensi terendah, sedangkan sinar gamma memiliki frekuensi tertinggi. Perhatikan Gambar  dan Tabel berikut!

Gambar Spektrum gelombang elektromagnetik

Spektrum gelombang elektromagnetik

Tabel Spektrum gelombang elektromagnetik


Contoh Soal :
1. Sebuah pemancar radio bekerja pada daerah frekuensi 600 kHz dan 90 MHz. Berapa panjang gelombang siaran yang diterima pesawat radio?
Contoh Soal Spektrum gelombang elektromagnetik
2. Sebuah gelombang elektromagnetik merambat dalam ruang hampa dengan kecepatan 3 × 108 m/s. Jika panjang gelombangnya 30 m, maka tentukan frekuensi gelombang tersebut?
Penyelesain gelombang elektromagnetik


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kuliner

Musik

Dunia Islam

Wisata Aceh

Skripsi

Koloqium

KKN

 
Support : Andra Dan Tulang Belakang |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dara Ullya Ziandra - All Rights Reserved
Selamat Datang..... di Dara Ullya Blog, Semoga Bermamfaat !!!