Headlines News :
Home » » Lensa Fisika SMP Kelas 8

Lensa Fisika SMP Kelas 8

Written By Unknown on Minggu, 04 Januari 2015 | 10.31

Lensa Fisika SMP Kelas 8 – Kemarin sudah kita bahas tentang Pembiasan Cahaya sekarang kita akan membahas tentang Lensa. Pembahasan Lensa di sini terbatas hanya untuk siswa SMP Kelas 8. Ketika kamu melihat ikan di dalam akuarium bundar, kamu akan melihat ukuran ikan lebih besar daripada ukuran sebenarnya. Mengapa demikian? Pernahkah kamu melihat ikan di dalam akuarium bundar yang berada di Sea World Ancol? Akuarium berbentuk bundar berfungsi seperti lensa. Lensa biasanya digunakan untuk membantu supaya orang yang cacat mata bisa melihat objek dengan jelas. Apakah lensa itu?

Lensa adalah benda bening yang dibatasi oleh dua permukaan berdasarkan bentuk permukaannya. Lensa dibedakan menjadi enam macam, yaitu lensa cembung rangkap (bikonveks), lensa cembung datar (plan konveks), lensa cembung-cekung (konkaf-konveks), lensa cekung rangkap (bikonkaf), lensa cekung datar (plan konkaf), dan lensa cekungcembung (konveks-konkaf).
1. Lensa Cembung
Lensa cembung memiliki ciri lebih tebal di tengahtengahnya daripada pinggirnya. Apabila kamu raba, akan terasa permukaan di bagian tengahnya lebih cembung. Bagaimanakah sifat-sifat lensa cembung apabila dikenai cahaya?
Lensa Cembung Bersifat Konvergen Atau Mengumpulkan Sinar

Lensa Cembung Bersifat Konvergen Atau Mengumpulkan Sinar
Jika sinar-sinar sejajar kamu lewatkan pada lensa cembung, sinar-sinar biasnya akan berkumpul pada satu titik. Sifat lensa cembung adalah mengumpulkan sinar (konvergen). Titik pertemuan sinar-sinar bias disebut titik fokus (titik api). Arahkanlah sebuah lensa cembung pada sinar matahari, kemudian letakkan di bawahnya secarik kertas. Aturlah jarak kertas ke lensa sampai titik api lensa tepat pada kertas. Diamkan beberapa saat. Apakah yang terjadi? Jika Matahari cukup terik, sinar bias cahaya matahari akan membakar kertas. Hal tersebut membuktikan bahwa titik fokus lensa cembung bersifat nyata dan bernilai positif.
2. Lensa Cekung
Lensa cekung adalah lensa yang bagian tengahnyaberbentuk cekung lebih tipis dari bagian tepinya. Bagaimanakah sifat-sifat lensa cekung?
Jika sinar-sinar sejajar dikenakan pada lensa cekung, sinar-sinar biasnya akan menyebar seolah-olah berasal dari satu titik yang disebut titik fokus.
Lensa cekung bersifat divergen atau menyebarkan sinar
Lensa cekung bersifat divergen atau menyebarkan sinar
Titik fokus lensa cekung berada pada sisi yang sama dengan sinar datang sehingga titik fokus lensa cekung bersifat maya atau semu dan bernilai negatif.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kuliner

Musik

Dunia Islam

Wisata Aceh

Skripsi

Koloqium

KKN

 
Support : Andra Dan Tulang Belakang |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dara Ullya Ziandra - All Rights Reserved
Selamat Datang..... di Dara Ullya Blog, Semoga Bermamfaat !!!